Jumat, 26 April 2019

KOMPETENSI DI BIDANG IT

Ada berbagai jenis pekerjaan di bidang TI. Pengelompokan jenis pekerjaan bergantung kepada acuan yang digunakan. Akan tetapi ada hal yang sama. Salah satu cara untuk melihat lapangan pekerjaan di bidang TI adalah dengan menanyakan kepada industri TI atau mengambil data-data dari lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa kategori lowongan pekerjaan yang ditawarkan di lingkungan Penyedia Jasa Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP):

– Web Developer / Programmer
– Web Designer
– Database Administrator
– System Administrator
– Network Administrator
– Help Desk
– Technical Support

Masing-masing kategori di atas memiliki kebutuhan kompetensi yang berbeda-beda. Kompetensi dasar standar (standard core competency) yang harus dimiliki oleh kesemua kategori lapangan pekerjaan yaitu:

– Kemampuan mengoperasikan perangkat keras.
– Mengakses Internet

1. Web Developer / Programmer
Kompetensi yang harus dimiliki :
– Membuat halaman web dengan multimedia
– CGI programming

2. Web Designer

Kompetensi yang harus dimiliki:
– Kemampuan menangkap digital image
– Membuat halaman web dengan multimedia

3. Database Administrator Database Administrator

Kompetensi yang harus dimiliki:
– Monitor dan administer sebuah database

4. System Administrator

Kompetensi yang harus dimiliki:
– Menghubungkan perangkat keras
– Melakukan instalasi Microsoft Windows
– Melakukan instalasi Linux
– Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server
– Memahami Routing

5. Network Administrator

Kompetensi yang harus dimiliki:
– Menghubungkan perangkat keras
– Administer dan melakukan konfigurasi sistem operasi yang mendukung network
– Administer perangkat network
– Memahami Routing
– Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya
– Mengelola network security
– Monitor dan administer network security

6. Help Desk

Kompetensi yang harus dimiliki:
– Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.

7. Technical Support

Kompetensi yang harus dimiliki:
– Menghubungkan perangkat keras.
– Melakukan instalasi Microsoft Windows
– Melakukan instalasi Linux
– Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya
– Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.
– Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server

0 komentar:

Posting Komentar